Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Dasar Beatbox Gampang dan Jelas (PEMULA)


Halo semuanya, berjumpa lagi dengan saya tn gooodman. Kali ini saya akan membahas tentang beatbox. Beatbox adalah sebuah instrumen yang menyerupai ketukan drum yang dihasilkan dari mulut maupun organ dalam seperti mulut, gigi, tenggorokan dsb.
Beatbox pertama ditemukan pada abad 19 dan mulai dikenal sampai sekarang, kini beatbox berkembang pesat di indonesia.


Billy bdabx adalah salah satu bapak beatbox di indonesia, dia juga pernah mengikuti kompetisi di luar negeri dan menjadi satu-satunya orang yang pernah berkompetisi di mancanegara pada masanya.
Namun kini banyak sekali para beatboxer Indonesia yang sudah berkiprah di dunia luar, contohnya Ego, Neolizer dan Sady yang pernah ikut di berbagai kompetisi luar negeri maupun lokal. Jadi sekarang saya mau membagikan ilmu tersebut untuk kalian, saya harap kalian menyukainya dan selamat mencoba

Dasar-dasar beatbox


Oke, sekarang saya mau memberikan sedikit pola dan pemahaman untuk kalian

B = Kick
T = Hi-hat
K = Snare

1) Kick


Kick adalah sebuah ketukan perkusi yang bunyinya paling rendah, biasanya berbunyi "Dung" atau "Buk" tapi didalam beatbox suara tersebut mirip "Buk", cara membunyikannya sangat mudah, kalian hanya bicara kalimat "Be" dengan bibir atas dan bawah mengetuk satu sama lain, kemudian pisahkan suara vokal kalian dan menyisakan kalimat "B" saja, ulangi terus sampai menyerupai kick yang ada diperkusi atau minimal suara "Buk"

2) Hi-hat


Hi-hat adalah sebuah ketukan perkusi yang paling tinggi, menyerupai kalimat "Ciss" namun untuk beatbox pengucapannya berbeda, hanya saja kalimat "Ciss" tersebut diganti dengan "tss" atau "ti" jangan lupa untuk menyentakkan bibir kalian setipis mungkin untuk performa yang lebih bagus, oh iya untuk hi-hat vocalnya harus dihilangkan dan hanya sebatas suara yang dihasilkan.

3) Snare


Snare adalah sebuah ketukan perkusi yang paling berpengaruh di beatbox, karena tanpa snare mungkin beatbox akan kurang lengkap, jadi snare ini adalah efek yang peranannya sangat penting, pembunyiannya terbilang sangat sulit, saya dulu dapetnya k-snare sekitar 3 bulanan, cara pembunyiannya bertumpu pada mulut, kemudian ambil udara untuk masuk ke sela-sela gigi atas dan gigi bawah, setelah itu tinggal sentakin saja. Ulang terus sampai mahir ya!

Pattern


Pattern/rumus adalah sebuah komponen penyusun nada perkusi, biasanya pattern digunakan beatboxer untuk mengaransemen ketukannya dan kali ini saya akan memberikan kalian ketukan dasar beatbox sekaligus penjelasannya

B T K T 2x (kick-hi-hat-snare-hi-hat)

Diulang terus, ketika sampai tanda 2x harap diteruskan ke pattern awal tanpa berhenti.


Nah, gitu teman-teman saya harap kalian mengerti tenteng penjelasan saya, maaf kalau penjelasan diatas cukup sulit dimengerti, jika kalian masih belum paham silahkan bertanya di kolom komentar, intinya belajar beatbox itu adalah kesabaran, belajar 1 efek saja bahkan bisa berbulan-bulan, biasanya orang yang sudah mahir itu butuh bertahun-tahun untuk mendalami beatbox ini.

Itu saja teman-teman untuk penjelasannya, selamat mencoba dan selamat pagi



# kata kunci terkait
Beatbox pemula, dasar-dasar beatbox pemula, belajar beatbox pemula, tutorial btk pemula, tutorial beatbox untuk pemula, beatbox dasar untuk pemula, beatbox goodman


Posting Komentar untuk "Tutorial Dasar Beatbox Gampang dan Jelas (PEMULA)"